//
you're reading...
Tips n Tricks

MANCING BARONANG CARA NGOYOR (BERENDAM)

MANCING BARONANG CARA NGOYOR :
Tak dinyana ternyata mancing baronang dengan cara ngoyor semakin banyak peminatnya, bahkan penggemar mancing cara ngoyor ini enggan untuk diajak mancing di dermaga atau pinggir bebatuan karang tepi laut. Mengapa demikian?
Penulis mencoba menganalisa apa yang menyebabkan cara ngoyor ini demikian menarik minat para garonger.
Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa istilah ngoyor atau lebih populer dikalangan pemancing Jakarta menamakan “ngerobok” adalah mancing cara berendam dengan kedalaman tertentu, umumnya sebatas pinggang, dada bahkan untuk pemancing nekad mampu berendam hingga sebatas leher, ini tentu luar biasa, padahal target perburuan juga sama yaitu baronang.
Tetapi jangan salah, mereka melakukan itu dengan sasaran baronang berukuran diatas rata rata, bahkan ada yang mencapai berat atau bobot 2 kg.
Tentu untuk strike ikan seukuran itu dengan senar terbatas yang di ikatkan diujung joran menjadi daya tarik tersendiri bagi pemancing lantaran mampu memompa adrenalin.
Biasanya spot baronang berukuran besar lebih menyenangi habitat yang agak ketengah dibandingkan tepian walaupun hal inipun tidak mutlak.
Setelah diteliti ternyata jangkauan perburuan baronang untuk suatu wilayah tertentu jauh lebih luas dan lebih leluasa dibandingkan yang berdiam diri dipinggir bebatuan karang laut atau dermaga atau bahkan di bagan bagan nelayan.
Beberapa pemancing ngoyor lebih menyenangi menggunakan pelampung celep (ngambang dipermukaan air laut) sehingga mutlak diperlukan penglihatan yang tajam, karena gerakan aneh dari pelampung celep tersebut mengindikasikan bahwa umpan sedang dipagut oleh baronang sasaran, demikian pula bila pelampung bergetar kuat bahkan tenggelam maka dipastikan bahwa ikan ukuran jumbo sedang memagut umpan kita, nah tibalah saatnya untuk menyentak dengan kekuatan sedang maka sensasi tarik menarik melawan baronang target akan terjadi demikian seru yang mampu membuat kita menjadi ketagihan.
Untuk mancing cara ngoyor ini usahakan tiap simpul baik yang ke ujung joran atau yang di matapancing garong menggunakan ikatan “Bimini” (untuk cara ikat bimini ini silahkan buka youtube).
Namun perlu diingat juga kondisi laut baik arus, ombak, angin karena tidak setiap saat kita dapat melakukan mancing cara ngoyor.
Sebaiknya bila kondisi tidak memungkinkan lebih baik mancing yang lebih aman saja misalnya di dermaga atau pinggit laut berbatu.
Lalu, dimanakah sebenarnya letak daya tarik mancing cara ngoyor/ngerobok itu?
Pembaca budiman, jika ditelaah lebih dalam ternyata cara ini mempunyai beberapa keunggulan antara lain seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa jangkauan wilayah mancing lebih luas, dalam arti dapat berpidah pindah sekehendak kita, kemudian tubuh tidak terasa panas oleh teriknya matahari bahkan dalam kondisi hujanpun teknik ini tidak menjadi masalah.
Sensasi strike yang dialami juga lebih mengungguli dibandingkan mancing dari dermaga karena dengan kondisi seperti itu kita dituntut untuk jauh lebih berkonsentrasi agar sasaran tidak terlepas.
Beberapa kasus memang sering terjadi misalnya saat strike pijakan kaki pemancing ini tidak terlalu kuat di batu/karang sehingga “tercebur” … tetapi ini tidak menyurutkan pemancing itu sendiri, bahkan semakin penasaran dengan ikan target yang mampu menceburkan nya.
Nah dengan tantangan lain seperti ombak, arus bahkan angin menjadikan cara ini begitu spesial baginya.
Percaya? silahkan dicoba, maka nanti akan menemukan sendiri rahasia kenikmatan mancing cara ngoyor ini.
Demikian seulas mancing cara ngoyor/ngerobok yang dapat disajikan, semoga dapat menambah wawasan.

Salam gentak
Freddy Hariwnoto – Si pemancing kelana
085959846534
bb 527909DB

Note : foto atau film tentang ngoyor dapat dilihat di google atau youtube

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: