//
you're reading...
Tips n Tricks

SIASAT MERESPONS Pagutan Lembut Umpan Oleh Baronang dan Sejenisnya

Pembaca budiman,
Ulasan mengenai hal ini bukan bermaksud untuk menggurui tetapi sekedar berbagi pengalaman dan pengetahuan dimana paling tidak dapat menambah wawasan para pemancing khususnya pemancing baronang/jalu/kea kea.

Jika membahas mengenai pagutan umpan yang umum terjadi para garonger sangat paham dengan ciri khas (baronang) dalam “menyosor” umpan yang kita masukkan ke dalam wilayah sasaran.
Getar pelampung umumnya menjadi salah satu indikator bahwa umpan mulai di pagut oleh ikan sasaran.
Perlu diketahui untuk wilayah dengan bebatuan cadas dimana sering terjadi ombak yang menerpa kuat yang pada saat saat tertentu ombak agak mereda (tenang), dapat dipastikan pagutan umpan terasa sangat kasar, dalam kondisi seperti ini variasi pelampung dan pancing garong tidaklah terlalu berpengaruh signifikan, bahkan untuk mancing baronang tanpa pelampung pun sangat terasa getar pagutan umpan hingga di tangan, asalkan garong yang digunakan tidaklah terlalu kecil.
Biasanya untuk wilayah wilayah ekstrim seperti ini pemancing setempat menggunakan matapancing garong yang cukup besar (standard ukuran garong carbon adalah no.7 keatas) dengan senar yang digunakan minimal ukuran 0.30mm
dan joran panjang ( 6m hingga 7m).
Hal ini wajar saja mengingat untuk melewati bebatuan karang dibutuhkan joran yang lebih panjang dari yang umum digunakan oleh para pemancing kebanyakan yaitu ukuran panjang antara 450cm hingga 520cm.
Biasanya ikan ikan penghuni wilayah ini berukuran jumbo 6 jari keatas.
Untuk menaklukkan ikan jumbo ini juga dibutuhkan skil yag memadai lantaran liarnya berontakan ikan yang boleh jadi akan menukik menuju karang karang terdekat yang akhirnya menyebabkan ikan terlepas (senar putus), joran dari jenis low tapper (lentur) lebih sering gagal lantaran ikan masih mampu membawa umpan menuju balik karang.
Disarankan jika menjumpai kondisi laut seperti ini memakai joran dari jenis fast tapper (hard).
Berikutnya adalah wilayah wilayah kebanyakan yaitu wilayah dengan intensitas ombak dan arus yang tidak terlalu kuat seperti wilayah kepulauan seribu (umumnya), bebatuan pinggir pantai wisata, dermaga dermaga wisata dan lain lain.
Di lokasi lokasi ini getar juga tidak terlalu kuat seperti halnya ikan cadas tadi, dan disini diperlukan kombinasi pelampung, senar dan garong yang memadai dan saling mendukung (kombinasi ini sudah dipaparkan pada artikel ” PANDUAN BAGI PEMULA PEMINAT MANCING BARONANG”.
Biasanya yang sudah terbiasa mancing di wilayah cadas enggan untuk berpindah ke lokasi lain dan dapat di cirikan dengan memesan pelampung yang relatif besar.
Nah, persoalannya bagaimana jika pagutan yang dilakukan oleh ikan baronang sangat lembut/halus hingga praktis seperti tidak terjadi apa apa?
Lalu strategi apa yang sesuai bila kondisi sudah demikian lalu terpaan angin cukup kuat dan ombak turut menerjang lumayan kuat? Sementara beberapa garonger merapikan joran dan menepi berteduh untuk beristirahat?
Sebenarnya hal ini tidak perlu terjadi asal kita mampu menganalisa penyebabnya.
Salah satu pulau di kepulauan seribu yang terkenal dengan pagutan yang lembut adalah di pulau cipir (khayangan).
Spot potensial di area depan dermaga adalah sisi kiri jika kita menghadap ke pulau, stiap hari ada saja garonger yang mengadu ketangkasan disitu, tetapi sayang menjelang siang hari satu persatu garonger menyudahi arena tersebut untuk beristirahat dan tampak sedikit wajah putus asa dan kecewa lantaran konon umpan mereka disentuh tetapi tidak terasa sama sekali, padahal setiap diangkat lumut yang digunakan sedikit cacat dengan ciri khasnya seperti rambut dicukur melingkar.
Dari pengamatan penulis ternyata ada beberapa faktor yang mempengaruhi hingga pagutan tiada terasa sama sekali.
Yang pertama : Memang dari contour dasar wilayah tersebut terhalang oleh dinding dermaga sehingga praktis di area dasar jauh lebih tenang dibandingkan area sekitarnya dan boleh jadi juga terdapat beberapa tumbuhan laut yang turut menahan goyangan lumut atau umpan lain yang dicemplung hingga dasar laut. Area yang terhalang oleh dinding seringkali bertumpuk lumpur atau sisa sisa kotoran tumbuhan mati, nah jika kotoran atau lumpur ini juga agak tebal tentu umpan yang kita celupkan tadi akan sedikit tenggelam didalam lumpur tersebut dan ikan baronang akan mengais ngais sekitar lumut untuk kemudian memagut lumut atau umpan tersebut, bisa dibayangkan lantaran umpan menempel di dasar tentu getar ikut teredam.
Terkadang umpan diangkat beberapa cm pun masih tiada terasa getar ditangan, ya tentu saja karena sifat turbulensi air laut di area dinding akan bergerak (jika pas gerakan dari bawah ke atas maka rasa pagutan sama sekali tiada terasa).
Beberapa pemancing mensiasati hal tersebut agar tetap terlihat getaran pelampung (karena rasa getar sudah tidak mungkin) yaitu dengan meletakkan joran di lantai dengan mengganjal beberapa batu.
Nah dalam posisi ini pelampung akan terlihat sangat tenang, sehingga sedikit saja getar naik turun itu pertanda umpan sedang di pagut.
Tetapi hal itu tidaklah cukup bilamana pemilihan senar, garong dan pelampung tidak sesuai, hasilnya aka sama saja, malah tidak tampak getar sama sekali, ya ..lantaran senar terlalu lentur. Sifat kelenturan akan meredam aliran getar yang berasal dari garong beserta umpannya.
Sebaliknya pemilihan senar dengan diameter yang besar misal 0.30mm juga meberikan dampak sama saja, getar tidak tampak.
Disarankan oleh penulis, gunakanlah senar ukuran menengah yaitu sekitar 0.23mm, garong tidak terlalu besar (carbon no.5 atau daichi no.9) dan jenis pelampung kayu albasia kering ukuran sedang berdiameter sekitar 1,5cm saja.
Hal diatas kita membahas bilamana umpan memakai lumut. Lumut yang baru yang relatif lebih kenyal itu jauh lebih baik dalam memberikan efek getar karena saat di pagut lumut lebih kenyal bila dibandingkan lumut yang sudah getas karena mungkin diperoleh dari stok lama.
Untuk Joran yang digunakan dapat dipakai dari kelas medium atau hard yang ringan.
Nah sekarang bagaimana jika angin kencang ombak besar dan ber arus di wilayah yang sama?
Penulis menyarankan lebih bijak menggunakan pelampung yang aerodynamic dan gantilah garong dengan yang lebih kecil dan gunakan nasi lumat atau pelet.
Mengapa demikian? ya sebab lumut sudah tidak efektif lagi terombang ambing di dasar laut sembari sedikit terangkat keatas.
Nasi lumat yang di liput pada pancing garong bebannya lebih berat.
Saat angin kencang maka praktis senar juga akan tertiup hingga membentuk busur panah, pada kondisi tersebut umpan nasi turut berjalan menggelinding mengikuti tarikan senar oleh angin… perhatikan baik baik bergesernya umpan bilamana sediut tersendat, jangan ragu untuk menyentak…
Boleh jadi tertahannya hanya terkena penghalang berupa batu atau benda benda lainnya, tetapi keboleh jadian untuk strike tertahan oleh pagutan ikan sasaran cukup tinggi.
Hal inilah yang penulis analisa dan strike..!!! sementara dalam kondisi seperti itu tidak satupun pemancing baronang yang strike.
Nah apakah ingin mencoba? Pulau cipir menurut hemat penulis sangat bagus untuk melatih kepekaan rasa dan penglihatan.
Jika sudah mahir membedakan di lokasi ini maka di lokasi lokasi pulau pulau lainnya tentu sangat mudah memperoleh momen strike yang menyenangkan.
Demikian seulas analisa penulis semoga membawa manfaat bagi para pemancing khususnya pemancing ikan baronang.

Salam gentak…!!!

Freddy leyeng – Si Pemncing kelana – 085939846534

unnamed-6
ini adalah lokasi spot pulau cipir yang selalu diperebutkan

unnamed-7
ini perolehan saat angin kecepatan tinggi, ombak ngopyak dan arus cukup kuat dengan arah dari sisi kiri ke sisi kanan.

unnamed-5
ini saat kondisi kondusif seperti lokasi lokasi lainnya namun getaran sangat lembut nyaris tidak terasa.

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: