//
you're reading...
Tips n Tricks

PANDUAN BAGI PEMULA PEMINAT MANCING BARONANG

Pembaca budiman,
Berhubung banyaknya pelanggan yang menanyakan tentang “bagaimana sih mancing baronang itu?” padahal baik pancing garong ataupun pelampung bahkan umpan pelet khusus umpan untuk mancing baronang telah dibeli.
Terkadang beberapa pelanggan begitu tertarik setelah membaca beberapa artikel tentang “mancing baronang” dan order beberapa set bahan yang diperlukan, tetapi setelah bahan diterima berbagai pertanyaan bertubi tubi datang ke penulis…
Lebih bijak kiranya penulis memaparkan di blog ini agar mudah difahami khususnya bagi para peminat ataupun pemula mancing ikan jenis baronang/jalu/kea-kea yang sensasinya sungguh berbeda.

Pendahuluan :
Sebegitu sering dijumpai penulis yang beranggapan bahwa mancing baronang dilakukan ditengah laut, sebaiknya buang jauh jauh anggapan tersebut karena jenis ikan ini habitatnya di wilayah laut yang tidak terlalu dalam yaitu antara setengah hingga lima meter dan beberapa ada yang sedikit diatas itu kedalamannya.
Lokasi lokasi yang digemari jenis ikan ini tentunya lokasi yang menyediakan makanan baginya seperti lumut, renik-renik laut, udang halus dan sebagainya.
Lokasi yang dimaksud tentunya berada di daerah tepi laut yang berkarang, atau banyak bebatuan penahan ombak, dermaga yang tidak terlalu dalam (lokasi ini juga digemari baronang karena di area tiang tiang dermaga juga banyak terdapat sumber makananya.
Untuk pemancing baronang yang gemar menggunakan perahu juga selalu mencari lokasi berkarang yang tidak terlalu dalam (mancing tetap dari atas perahu).
Sedangkan pemancing yang gemar berendam hingga pinggang (bahkan ada yang berendam hingga leher) lebih leluasa mencari spot baronang karena dapat berpindah pindah.

kombinasi peralatan yang match (sesuai) :
kombinasi yang dimaksud disini adalah antara Joran, senar, pelampung dan matapancing garong (treble hook).
Jika membicarakan jenis joran yang ideal tentunya relatif karena ada yang menyukai jenis yang kaku (fast tapper), agak lentur (medium tapper) atau yang lentur (low tapper).
Tetapi dianjurkan bagi pemula jangan menggunakan joran jenis low tapper karena mempunyai tingkat kesulitan yang lebih tinggi.
Mengapa demikian? tentu saja karena para pemula saat menggentak joran masih dalam kondisi panik atau terburu buru hingga tanpa sadar joran digentak asal gentak yang mengakibatkan saat joran di pecut keatas maka ujung joran sesaat turun beberapa cm baru kemudian terangkat keatas, saat ujung joran turun maka sejurus itu pula dimanfaatkan ikan baronang untuk melarikan diri atau melepaskan umpan yang seharusnya sudah berada tepat di mulutnya. Disamping itu kekuatan gentak juga kadang tanpa kontrol.
Pemilihan joran jenis kaku atau fast tapper (hard) juga masih kurang tepat menjadi pilihan para pemula, hal ini juga beralasan lantaran saat digentak tanpa kontrol justru mulut ikan dapat sobek dan ikan melarikan diri.
Disarankan untuk menggunakan jenis joran yang mempunya kelas medium saja dengan rentang harga yagng tidak terlalu mahal seperti Ginei, claris, scorpion, warrior dll… untuk yang jenis medium biasanya toko penjual menjelaskan dari rentang harga tertinggi hingga terendah.
Pemilihan merk serta harga tentunya tergantung yang akan menggunakan.
Hanya perlu ditekankan bahwa latihan rutin akan cepat membawa keberhasilan.
Seperti yang sudah dipaparkan penulis pada artikel sebelumnya yaitu “STRATEGI TERJITU MANCING BARONANG” bahwa untuk melatih secara simulasi gentakan joran dapat dilakukan dengan meletakkan joran sejajar dengan meja lalu joran diangkat sejajar sekitar 5cm.
Cobalah gentak. usahakan ujung joran tidak mengenai permukaan meja, jika masih mengenai permukaan itu menunjukkan bahwa gentakan belum sempurna yang pasti umpan sesaat juga turun.
Jika sudah tidak mengenai lagi permukaan meja dapat dianggap gentakan telah memeuhi syarat.
Nah, bagaimana dengan senar? pelampung? dan matapancing garong yang sesuai?
kombinasi ini menjadi sangat penting manakala digunakan joran sesuai pilihan pemancing.
Perlu diperhatikan sasaran dan lokasi mana yang akan kita sasar, tatapi ada beberapa saran penulis antara lain:
untuk lokasi dangkal dengan jenis baronang maksimum berukuran 4 hingga 5 jari tangan cukup bijak memakai senar ukuran kecil saja misal dengan senar ber diamater 0,18mm 0,20mm sangatlah memadai.
Untuk lokasi yang agak lebih dalam gunakanlah senar berukuran antara 0.20 hingga 0.26mm, sedangkan kedalaman diatas itu dapat digunakan senar ukuran 0,23mm hingga 0.28mm. Dan patut diperhatikan pilihlah jenis senar yang mempunyai kelenturan kecil dan mempunyai sifat fluoro -(tidak mutlak).
Jarak permukaan ke dasar laut yang dangkal menjamin getaran lebih terasa hingga ujung joran dan merambat hingga terasa di tangan, inipun akan di perkuat oleh indikasi terlihatnya pelampung bergetar kuat yang menandakan umpan sedang di pagut oleh ikan sasaran (cara makan ikan baronang ini adalah dengan mencukur melingkar samping jika memakai lumut) dengan demikian akan lebih bijak menggunakan ukuran pelampung yang tidak terlalu besar cukup dengan menggunakan pelampung berdiameter sekitar 1,5cm lebih kurang dengan bentuk bervariasi.
Jika jarak permukaan air hingga dasar lebih dalam antara 3 hingga 4 meter tentunya rambatan getaran akan lebih melemah karena faktor peredaman senar (mempunyai sifat kelenturan atau shock proof).
Namun hal ini bukan berarti tidak dapat diatasi, peningkatan diameter senar serta ukuran pelampung yang lebih besar menjadi alasan utama untuk menjaga agar rambatan getar masih tetap terasa hingga ke tangan.
Untuk area yang lebih dalam juga disesuaikan dengan pemilihan senar berdiameter lebih besar, pelampung juga demikian, relatif lebih besar.
Nah bagaimana dengan matapancing garongnya? Disarankan menggunakan garong agak kecil untuk permukaan air ke dasar dangkal, demikian pula seterusnya, usahakan pemakaian umpan juga tidak terlalu banyak…pemakaian yang banyak juga mempengaruhi tingkat getar pelampung.
Untuk pemilihan jenis pelampung, umpan dan lain lain sudah dibahas pada artikel artikel sebelumnya.
Juga tata cara menggentak joran pada artikel dengan judul Siasat Menggunakan Joran TEGEK.
Demikian seulas info yang dapat penulis berikan, semoga bermanfaat.

Salam gentak..!!
Freddy Kleyeng – Sipemancing Kelana
Bagi yang berminat silahkan kontak
085939846534

img_20170128_151113
img_20170128_151508

Advertisements

Discussion

One thought on “PANDUAN BAGI PEMULA PEMINAT MANCING BARONANG

  1. Salam strk mas gan ganteng,dari dialah saya jd bisa mancing baronang dan bahkan orang di sekitar saya menonton melihat saya manci
    Dan bahan2 pun dari mas ganteng semuanya di layani,intinya belajar ama mas nya pasti 99% jitu, kalau 100% kan hanya allah yg bisa.
    Thx salam strk

    Like

    Posted by Minu buol sulteng | January 30, 2017, 5:40 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: