//
you're reading...
Tips n Tricks

Pelampung khusus Baronang

Hampir setiap pemancing ikan baronang mengenal jenis pelampung khusus ini. Secara nalar pelampung ini sengaja di pakai tidak lain sebagai indikator saat ikan sasaran mulai memagut umpan, baik berupa umpan lumut, nasi lumat ataupun pelet khusus walaupun tidak dapat dipungkiri ada juga yang enggan memakai pelampung alias langsung dari senar lalu di sisi lain pancing garong dan umpan.
Namun itu urusan kebiasaan masing masing, disini hanya dibahas pelampung unik yang dapat memberikan sensasi getar luar biasa yang dapat membuat pemancing jenis ikan ini menjadi ketagihan tiada kepalang hingga ingin selalu mengulang momen momen tersebut, di kalangan garonger mereka menyebutnya “keracunan” (dalam arti positif tentunya).
Nah seperti apa bentuk, ukuran, warna dan jenis kayu yang sesuai yang dapat memberikan sensasi getar tiada tara itu?
Berikut ulasan yang penulis coba paparkan untuk memberikan atau menambah wawasan bagi peminat ataupun pemancing baronang.

Bentuk :
bentuk yang sering kita jumpai di arena laga bermacam macam, ada bentuk UFO, bentuk gasing, bentuk kerucut, bentuk bola, bahkan ada pula yang bentuk aneh aneh sesuai selera pembuatnya, namun perlu diingat bahwa merancang bentuk pelampung harus difikirkan faktor aerodinamis (aerodynamic)nya.
Pelampung yang tidak aerodynamic hanya efektif dalam kondisi air agak tenang atau tenang dan angin laut sedikit sepoi sepoi.
Tetapi manakala angin sudah mulai menguat tiupannya maka pelampung ini akan bergoyang tidak karuan yang tentunya sangat mengganggu konsentrasi garonger dan sulit membedakan mana getar yang diakibatkan oleh terpaan angin atau getar lantaran umpan dipagut ikan sasaran.
Beberapa garonger cukup bijak menyikapi kondisi ini yaitu dengan mengganti pelampung dengan bentuk UFO yang lebih aerodynamic.

inovasi bentuk tentunya tidak menutup kemungkinan, dalam hal ini tercipta kreatifitas berupa pemikiran pemikiran untuk mengatasi terpaan angin tentunya.
Namun perlu diingat bentuk atau model agar disesuaikan dengan posisi kita mancing, baik mancing ngoyor (berendam), duduk di tepian dermaga atau berdiri di bebatuan.

Untuk posisi ngoyor dan senang menggunakan pelampung gantung sebaiknya jika bertahan dengan bentuk UFO diusahakan piringan UFO agak tebal serta permukaan longitudinal yang berhadapan dengan posisi lihat dari mata kita dibuat agak cerah berwarna warni atau garis garis, hal ini dimaksudkan agar getar pelampung tampak jelas.
Demikian pula bagi pemancing ngoyor yang menyenangi pelampung yang di kambangkan diatas permukaan air atau yang dikenal dengan pelampung celep agar dibuat secerah mungkin karena khusus untuk jenis celep ini totally mengandalkan penglihatan tidak mungkin getaran pelampung akan terasa ditangan karena senar juga di kendorkan.

Untuk posisi berdiri atau duduk dimana pelampung terletak dibawah kita maka amatlah bijak jika dipilih pelampung yang permukaan atasnya lebar, dalam hal ini bisa berupa UFO, bola atau diamond.
Namun perlu dipertimbangan kondisi angin seperti yang di paparkan diatas tadi.

Warna atau Motif Pelampung :
Warna atau motif tidak bisa dianggap sepele karena warna yang kontras dengan warna dasar dan kondisi sekitarnya akan memperjelas titik deteksi atau titik fokus pandangan mata yang tertuju di satu titik tertentu di area pelampung tersebut. Variasi warna sebaiknya memberi kesan saling memperkuat.

Berat atau Bobot Pelampung
Nah khusus untuk berat pelampung ini sangat ditentukan oleh beratnya beban garong plus pelampung dibawahnya, jadi tidak mungkin dapat ditentukan berat harus sekian gram.
bayangkan jika tiba tiba garonger tersebut mengganti pancing garong dengan yang ukuran kecil serta lumut sebagai umpan lalu pelampung tetap memakai yang besar dengan beban diatas 2 gram atau lebih (bahan kayu berat) maka tentunya menjadi tidak efektif dan pelampung justru akan meredam getar yang mengalir dari umpan/garong menuju ujung joran tegek.
Sebaliknya jika pelampungnya kecil dan garong serta umpan cukup besar dan berat ini juga kurang efektif walaupun masih lebih bagus dari yang dibahas sebelumnya.

Bijaklah dalam pemilihan variasi garong dan pelampung, pelampung besar lebih afdol jika digunakan berpasangan dengan pancing garong besar pula dan untuk mancing ikan sasaran yang kasar dan berukuran jumbo.
Sebaliknya ukuran sedang juga afdol digunakan untuk mata pancing garong ukuran sedang.
Sensitifitas pelampung menjadi tiada arti jika tidak sesuai atau match dengan pemakaian garong.
Untuk menggambarkan berapa ukuran baik pelampung dan garong tentunya bagi yang telah berpengalaman akan sangat mudah menentukan, tetapi bagi pemula tentunya mengalami kesulitan dan keraguan saat mancing dan bertanya tanya dalam hati apakah variasi ini sudah tepat atau belum.
Nah, untuk ketepatan variasi ini penulis dapat menyediakan (membuat) pelampung serta menyesuaikan warna bentuk serta faktor aerodynamicnya.

Pasak :
Nah sedikit banyak perlu juga dibahas masalah pasak atau yang dikenal berupa kayu bulat kecil ber ujung agak tajam ke sisi lain yang gunanya untuk menahan agar posisi pelampung tetap di tempat yang ditentukan dan tidak bergeser kebawah atau keatas. Pasak ini diberi lubang kecil dari ujung sisi pangkal hingga ke ujung sisi lainnya.
Pemilihan jenis kayu untuk pasak ini lebih baik dari bahan yang agak lunak sebab jika bahannya keras lambat laun akan menyebabkan kondisi senar yang dijepit tadi akan cacat, nah jika cacat tentunya akan berakhir putus saat strike ikan jumbo atau yang berukuran sedang.

Demikianlah seulas bahasan mengenai pelampung yang dimaksudkan agar para garonger ataupun peminat/pemula dapat lebih menikmati sensasi tanpa kehilangan moment moment bersejarah strike ikan baronang.

Selamat menikmati strike …!11

Salam gentak

Freddy Hariwinoto
kleyeng – Si Pemancing kelana – WA 085939846534  bb 527909DB

Berikut beberapa jenis pelampung dimaksud :

unnamed-1 unnamed-2 unnamed-3 unnamed-4 unnamed

50f7a545c1c8a03d161efaea3a163826a3bf5242

Advertisements

Discussion

2 thoughts on “Pelampung khusus Baronang

  1. Masih jual pempung gak mas??

    Like

    Posted by wawa | May 19, 2017, 10:41 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: