//
you're reading...
Tips n Tricks

Siasat Menggunakan Joran TEGEK

Pembaca budiman,
Jika melihat dipinggir pantai berbatu atau dermaga dermaga biasanya tampak beberapa pemancing yang menggunakan joran (batang pancing) yang terbilang sangat panjang…nah itu yang dinamakan joran tegek yang biasanya khusus digunakan untuk memancing ikan jenis tertentu seperti baronang, kiper, kea-kea dan lain lain, walaupun tidak tertutup kemungkinan ada yang menggunakan di rawa atau empang.

Disini penulis akan membahas bagaimana siasat menggunakan jenis joran tegek ini (umumnya mempunyai panjang berkisar 4 meter hingga 7 meter).

Mengingat batang joran yang demikian panjang apabila tidak diimbangi dengan beban yang ringan dari material komponen joran maka sia sialah untuk memperoleh kenikmatan memancing.
Pabrikan telah memikirkan hal tersebut, makanya saat ini sudah benyak beredar jenis jenis tegek dengan kualitas bahan yang sangat ringan tetapi kuat. Bahkan untuk joran ukuran 5,4 meter dapat di topang hanya dengan satu tangan. Cukup ringan bukan?
Umumnya bahan joran terbuat dari campuran fiber dan Carbon. Komposisi fiber yang lebih banyak menyebabkan joran menjadi berat dan lelah jika ditahan ber jam jam saat menanti sambaran ikan baronang dan sejenisnya, sebaliknya komponen caron yang banyak akan mengurangi kekuatan joran walaupun jauh menjadi lebih ringan. Sehingga disarankan pemilihan joran tegek perlu dilihat komposisi campuran kedua material tersebut.

Low-Tapper, Medium-Tapper dan Fast-Tapper
Umum di pasaran yang ada dengan berbagai merk tidak mencantumkan kelas joran tegek dimaksud apakah jenis Low, Medium atau Fast tetapi dengan mencoba mengulur penuh dan mencoba menyentak nyentak sudah dapat dipastikan diketahui kelas joran tersebut.

Low-Tapper : Jenis joran tegek lentur ini tidak dianjurkan untuk sasaran ikan baronang ukuran jumbo dan ganas karena jika strike dapat dipastikan akan sia-sia, karena joran tidak dapat menahan tarikan (bahasa jawanya : “nungjem” kebawah), celakanya lagi jika senar yang digunakan sangat kuat, tentu joran dapat patah seketika akibat paksaan di angkat atau tergesek tiang dermaga atau batu karang.
Sebaliknya joran ini sangat nikmat jika digunakan untuk memancing sasaran ikan-ikan kecil jenis baronang dengan ukuran maksimum 4 jari atau 5 jari.
Sesuaikan kekuatan senar dengan kekuatan joran.
Saran : – gunakan senar transparant dengan kekuatan antara 6 sd 8 lbs saja.
Tingkat kesulitan : Strike dengan joran ini terbilang agak sulit lantaran saat di gentak ujung joran turun terlebih dahulu baru ke atas, sekalipun akibat ayunan kebawah tadi menjadikan hentakan ke mulut baronang lebih mantap tetapi perlu diingat bahwa saat ujung joran turun sesaat kemudian ikan baronang atau sejenisnya sudah melarikan diri.
Penulis menyarankan gunakanlah pelampung celep karena hentakan pecut pun tidak berpengaruh signifikan terhadap sentakan matapancing. Biasanya jika menggunakan pelampung celep senar antara pelampung dan ujung joran tegek cukup panjang.
Cara celep juga punya keuntungan lain yaitu jarak jangkauan spot dapat lebih jauh kedepan.

Medium-Tapper : Jenis joran ini paling banyak diminati oleh para pemancing baik pemula maupun pemancing yang tergolong profesional.
Joran ini demikian fleksibel hingga dapat digunakan untuk memancing ikan ukuran kecil hingga 8 jari walaupun harus dengan penuh ke hati hatian.
Lekukan batang joran saat strike yang membentuk busur sempurna sangat indah dipandang dan dirasakan oleh pemancing bahkan dapat membuat kenangan indah tersendiri hingga hati tergelitik untuk selalu mengulanginya lagi pada lain kesempatan.
Saran : – gunakan senar transparant kekuatan 10 hingga 12 lbs

Fast-Tapper : Joran ini termasuk joran pantang menyerah menaklukkan ikan baronang terganas dengan kekuatan penuh.
Lekukan umumnya hanya terjadi di daerah atas joran yakni ruas paling atas dan kedua dari atas serta ada juga hingga ke tiga dari atas.
Sekalipun demikian jangan gegabah menggunakan senar dengan kelas yang sangat kuat karena masih membahayakan joran dimana masih memungkinkan terjadi patah.
Saran : gunakan senar transparant kekuatan 12 hingga 16 lbs

Siasat penggunaan joran :
Sebagaimana hal diatas, penggunaan atau siasat memakai joran itu tentulah tidak sama “asal sentak” saja.
Yang seringg terjadi justru “joran patah” akibat ketidak tahuan pemakaiannya, sayang bukan? padahal harga joran jenis ini tidaklah murah.
Khusus untuk joran tergolong low-tapper tindakan ideal saat strike adalah menahan joran pada posisi saat strike sembari diangkat perlahan hingga ikan terangkat sempurna, tetapi pastikan dahulu bahwa di wilayah itu hanya terdapat ukuran ikan tidak lebih dari 5 jari.

Untuk joran medium-tapper, lebih memiliki seni yang tinggi karena jika mengena ikan dengan ukuran 5 jari up.. joran cukup ditahan pada posisi hentakan strike, nikmati ayun ayunan joran oleh amukan ikan baronang yang berusaha melepaskan tancapan mata pancing garong.
Ayunan ini makin lama makin mengendur, nah jika terasa makin mengendur maka angkatlah posisi joran perlahan lahan…tetapi biasanya ikan akan kaget dan berusaha menyelam lagi dengan kekuatan penuh.
Pada situasi ini jangan panik, ikuti arah ikan hingga posisi joran kembali ke posisi saat strike tadi. Biasanya kali kedua ini ikan akan benar benar kehabisan tenaga, dan….angkat lah joran, maka tampak sasaran di permukaan air dengan indahnya.. Angkat terus hingga berhasil me “landed” kan di daratan.
kondisi ini membuat para pemancing baronang menjadi tergila-gila untuk mengulangi terus, tidak terkecuali penulis.

Joran Fast-Tapper dinilai sangat bengis melawan kebengisan amukan ikan juga tetapi tetap harus diingat juga ukuran senar, jangan sekali kali menggunakan senar yang sangat kuat atau anti putus.
Joran ini dinilai sangat kaku, sehingga saat strike mutlak tidak cukup hanya di tahan pada posisi semula saat menantikan strike.
Untuk wilayah-wilayah tertentu memang mutlak diperlukan jenis joran ini mengingat ukuran ikan sasaran yang tidak dapat di katakan kecil walaupun peminat joran ini masih kalah dibandingkan jenis medium-tapper.
Siasat menggunakan joran ini bervariasi yaitu dapat di tahan, diturunkan sedikit saat strike bahkan langsung adu kekuatan dengan mengangkat joran perlahan, dan mata pancing garong berkualitas serta senar kualitas prima tentunya menjadi mutlak diperlukan.
Untuk pecinta seni memancing tentunya pilihan jatuh pada kelas “medium tapper” karena dengan keahlian dan latihan yang sering, ikan jenis baronang jumbo juga berhasil di “landed” kan dengan sempurna.

Ketidak puasan garonger :
Ada beberapa pemancing yang kurang puas dengan kualitas kandungan bahan penyusun joran tegek, apalagi jika pernah mengalami “patah joran”, tentunya ini menjadikan trauma tersendiri baginya.
Ada beberapa solusi untuk mengatasi hal itu, antara lain dengan merubah (custom) joran surf atau joran fly-fishing yang terkenal kuat dan ringan.
Beberapa pemancing merubah joran tersebut dengan melepas ring kolongan serta dudukan joran sehingga diperoleh “blank Rod” rod ini dipercaya dan sudah terbukti lebih fleksibel kelenturannya dan dapat menaklukan ikan baronang terbesar yang pernah “landed”.
Yang biasa beredar adalah merk Shimano EV-4 atau EV-5, Olympic – Japan dan lain lain

Nah, dari uraian diatas tentu sudah ada gambaran bijak joran mana yang dipilih bukan? atau dapat mengoleksi semua jenis joran sehingga untuk menuju ke wilayah tertentu sudah dapat di prediksi dan mempersiapkan jenis joran yang tepat.

Selamat mencoba, nikmati sensasi tak terlupakan..

Salam Geter..Gentak..Landed..!!!

Fred – Si Pemancing Kelana

IMG-20150208-WA0003
action!!!

Discussion

2 thoughts on “Siasat Menggunakan Joran TEGEK

  1. Mantab ulasannya Gan, jadi bikin sakau pengen negek…

    Posted by Harry Karundeng | February 5, 2015, 6:30 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: