//
you're reading...
Tips n Tricks

Mensiasati “Arus Deras” Mancing di Laut

Pembaca super,
Kali ini akan diulas mengenai beberapa cara untuk mensiasati arus deras saat mancing di laut.
Arus deras bukan berarti kegiatan mancing terhenti, justru pada arus deras seperti itu umumnya ikan-ikan predator ganas memulai aksinya menyergap ikan-ikan umpan lainnya hanya sayang kebanyakan ikan-ikan predator tersebut tetap beroperasi kebanyakan di dasar laut.
Ada juga beberapa jenis ikan yang tetap berada di lapisan tengah seperti tenggiri, baracuda dan beberapa jenis ikan lainnya.
Penulis sering membaca report mancing dan selalu menemukan bahwa saat arus deras, timah pemberat J24 melayang maka kegiatan mancing hampir tidak ada alias nganggur menunggu arus sedikit mereda hingga timah pemberat J10 atau J8 saat di ulur ke dasar laut posisi senar agak miring.
Fokus kita kali ini adalah bagaimana mensiasati jika arus laut cukup deras.
Tentunya menambah timah pemberat tidak mempunyai arti malah akan menyulitkan pemancing terutama saat menggulung reel untuk mengganti umpan, beban berat lama kelamaan tentunya mempengaruhi stamina pemancing.
Alternatif lain yang terpikirkan oleh pemancing biasanya adalah mancing dengan umpan melayang atau ngoncer, baik di lapisan tengah laut ataupun di permukaan.
Cara ini tidak jarang pula memperoleh sambaran ikan cendro atau baracuda.
Beberapa dekade, kasus semacam ini (Arus Deras) sudah terpikirkan oleh para pemancing profesional hingga mereka menciptakan suatu alat yang dinamakan Down Rigger.
Tentunya bukan hanya alat ini cara satu satunya untuk mensiasati arus deras, namun demikian akan dibahas juga cara penggunaan nya (Sudah dibahas sepintas di artikel berjudul ” Serba serbi Reel Pancing Electric”)
Down rigger adalah alat yang mempunyai fungsi utama menurunkan beban berat (bandul) kedasar laut secara perlahan, cepat lambatnya kecepatan bandul ditentukan oleh drag/rem yang dapat di setel.
Semakin kencang arus laut maka bandul yang digunakan juga semakin berat hal ini dimaksudkan untuk melawan seretan arus. tidak seperti halnya timah pemberat yang berukuran kecil, maka bandul ini relatif hanya bergeser sedikit dari posisi tegak lurus kebawah.
Keuntungan posisi ini memberi harapan besar bagi pemancing untuk memanfaatkan perolehan ikan yang tentunya sesuai harapan mereka.
Down rigger menjadi tidak berarti jika tidak dilengkapi dengan release clip atau penjepit yang bisa terlepas jepitannya jika terkena beban tarikan (foto terlampir).$_12
Untuk tidak merepotkan pemancing maka pilihan yang bijak adalah jenis down rigger electric yang menggunakan catu daya dari accu 12v.
Nah, bagaimana cara penggunaannya saat arus demikian deras?
Berikut diberikan beberapa tip agar acara mancing tetap memberikan harapan “strike” ikan-ikan target.
1. Persiapkan Down rigger dengan baik, cek kondisi pengkabelannya dan lakukan test secara cepat terlebih dahulu koneksi ke accu untuk memastikan apakah motor down rigger masih berfungsi dengan baik.
2. Jepit down rigger secara kuat pada posisi tepi kapal, bisa di samping atau di pinggir kanan/kiri kapal
3. Pasang/ikat sisi atas dari “release clip” pada ujung tali utama down rigger, kemudian ujung bawah juga di ikat tali beberapa meter tergantung selera pemancing untuk kemudian sisi paling bawah tali tersebut di ikatkan dengan bandul pemberat yang sebelumnya diberi kili-kili agar tali utama atau senar bebas berputar dan tidak melintir, bagian tengah adalah bagian clip/jepit senar.
4. Setel release clip/jepitan dikira-kira jangan terlalu kuat dan jangan terlalu kendor karena jika terlalu kuat, tarikan ikan tidak dapat melepas senar yang di jepit, dimikian juga jika terlalu kendor maka hanya terkena arus senar yang dijepit akan terlepas (lihat gambar).
5. Gantungkan beban/bandul yang cukup berat dengan ukuran jauh melebihi bandul yang biasanya dipakai untuk mancing dasar, dapat dipakai ukuran 0,5kg, 1 kg 2kg dan seterusnya tergantung kekuatan arus.
6. sebelum di turunkan/diulur ke dasar, setel drag/rem dari down rigger tersebut posisi maksimal (dead drag) atau posisi mengunci.
7. Hadapkan ke laut (batang Down Rigger utama diatas air), dan jepitkan senar pancing utama (jarak umpan ke senar yang dijepit kira kira satu hingga dua depa), ingat dalam hal ini timah pemberat yang biasa dipakai saat mancing normal sama sekali tidak diperlukan, karena sdh digantikan oleh bandul super berat dari down riggernya sendiri.
8. Down rigger ready untuk diturunkan, peganglah joran pancing dengan posisi bail reel terbuka agar senar dengan mudah terulur, tetapi jangan di los, terulurnya senar juga harus ditahan perlahan dengan
jari.
9. Setelah semua siap, kendurkan rem dari down rigger perlahan lahan hingga bandul mulai meluncur kedalam air diikuti oleh senar yang dijepit oleh release clip tadi, ingat umpan harus di lemparkan menjauh dari release kearah arus air agar tidak menyangkut ke release clip.
10.Ulur terus hingga bandul menyentuh dasar, dan setelah posisi tercapai tutuplah bail arm di reel pancing dan nantikan strike ikan predator yang siap menyergap mangsanya.
11.Saat sambaran ikan maka senar yang di jepit di release clip akan terlepas lantaran umpan ditarik ikan predator, kondisi ini belum terasa di joran kita, hanya terlihat gerakan senar yang makin menegang.
Pada akhirnya terasa cukup berat yang menandakan bahwa strike telah terjadi, ingatlah posisi awal drag dari reel utama jangan sampai pada posisi full/off, tetapi ada renggangan sedikit.
Strike yang terjadi ini murni kekuatan ikan tanpa ada timah pemberat, nah nikmati sensasi strike dalam kondisi arus deras.
Setelah selesai dan ikan sudah landed dengan sukses, gulunglah down rigger secara electric dengan menekan tombol yang ada hingga bandul sampai permukaan air dan lakukan lagi untuk menaruh umpan  selanjutnya

IMG-20141128-01873IMG-20141128-01875

Siasat yang lain adalah dengan cara drifting atau hanyut mengikuti gerakan arus laut, tetapi cara ini hanya efektif jika dilakukan saat arus tidak terlalu deras, arus yang deras akan membawa hanyut perahu kita lebih cepat dari bandul pemberat manual yang dicelupkan hingga dasar yang mengakibatkan kemiringan senar menjadi sangat tajam yang pada akhirnya juga menjadi tidak efektif.                        Untuk mengatasi hal ini kapal dapat di posisikan ke arah tepi laut (arus yang masuk dari selat / sebagai permisalan, akan deras dibagian tengah, sedangkan bagian tepi lebih lemah, bahkan di tepi laut arus berbalik menuju mulut selat untuk kemudian bersama sama arus tengah mengalir lagi, bagian batas antara arus masuk dan arus balik ini adalah posisi paling ideal untuk menempatkan umpan pancing agar segera mendapat sambutan strike ikan-ikan sasaran. Kepiawaian mencari posisi ini mutlak diperlukan (perhatikan gambar dibawah ini) :

IMG-20141128-01874

Untuk arah arus yang berlawanan (keluar arah selat, maka kondisi ini tidak berlaku karena hampir di semua sisi arus mempunyai kecepatan yang hampir sama. Demikian pula jika arus ke arah kanan atau kekiri (bukan keluar atau masuk selat). Pada kondisi ini masih dapat disiasati dengan mencari pulau terdekat dan mencoba menempatkan kapal pada posisi dimana arus lebih lemah dibandingan sisi lainnya.

Demikian sekilas info semoga perjalanan mancing anda mencapai target yang diinginkan sekalipun dalam kondisi extrim (arus deras).

Salam strike..!!!

Fred – Si Pemancing Kelana – Ketua REFIC

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Discussion

3 thoughts on “Mensiasati “Arus Deras” Mancing di Laut

  1. Bravo…akhirnya tercerahkan. Semangat terus koh menulisnya, sampai terwujud dalam bentuk buku. Aamiin

    Posted by Ferry 'penk' ardianto | November 28, 2014, 10:51 pm
  2. wooooooooo jebul down rigger fungsine untuk membantu menurunke timah atau pemberat to? tak kira juga kanggo uncal wkwkwk josssssssssss

    Posted by dimmu borgir | December 5, 2014, 5:18 am
  3. Mantaaabb…

    Posted by Akhmad Syakhlani | December 15, 2014, 1:39 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: