//
you're reading...
Tips n Tricks

Mengapa Kapal Tidak Pernah Tepat di Spot Sasaran?

Pembaca budiman,
Keingin tahuan pemancing ataupun nahkoda kapal maupun pemilik kapal akan tepatnya titik spot sasaran sangat beralasan.
Betapa tidak, begitu banyak kapal-kapal mancing yang menyepelekan hal ini sehingga bisa di prediksi hasil yang diperolehnya.
Untuk kedalaman laut yang masih terhitung dangkal (antara 10 sd 20 meter) mungkin masih dapat dengan mudah di prediksi posisi tepat kedudukan kapal, tetapi jika kedalaman sudah mencapai antara 40 hingga ratusan meter tentunya jauh lebih sulit.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan sulitnya menempatkan posisi tepat antara lain :

1. Arus Laut : Arus sangat berpengaruh signifikan terhadap kedudukan kapal, perubahan arus mutlak harus juga di ikuti oleh perubahan kedudukan kapal.
Apalagi kita tahu bahwa kapal tidak pernah dalam posisi diam ditengah laut.

2. Ombak : Jangan dianggap sepele karena ombak juga turut berperan menggeser posisi kapal disamping arus air tentunya.

3. Angin : Seringkali arah arus berlawanan dengan arah angin, sedangkan angin dan ombak umumnya searah.

4. Yang tak kalah penting adalah : Tali jangkar yang di ulur terlalu panjang atau terlalu pendek.
Tali jangkar yang diulur terlalu panjang tentunya sangat mudah kapal begeser kekiri dan kekanan dari spot dimaksud; sedangkan tali jangkar yang diulur terlalu pendek sangat berbahaya bilamana ombak yang datang cukup besar yang dapat menyebabkan masuk kedalam air.

Nah bagaimana untuk mengantisipasi hal diatas? berikut disajikan trik khusus agar kapal tepat di posisi yang paling menguntungkan dan cukup aman.

Bilamana arah arus, ombak dan angin searah :
Kondisi ini sangat disukai para nelayan yang membawa pelanggan untuk mancing di spot andalan mereka karena tidak perlu terlalu bersusah payah mengatur posisi kapal.
Teknik paling ideal adalah dengan memperhatikan kapal kapal sekitarnya, mereka menghadap kemana dan perhatikan tali jangkarnya (terlihat jika diulur agak panjang menandakan arus laut cukup pelan).
Atau dapat juga jika spot sudah mendekat, perahu di hentikan tanpa mematikan mesin, perhatikan di GPS perahu bergeser kearah mana, nah itulah arah arus.
Setelah mengetahui arah arus, usahakan memutar mencari spot yang tadi sudah diketahui dan usahakan spot yang dituju tepat segaris di haluan kapal yang sedang bergerak mendekati spot itu.
Semakin dekat spot dimaksud, amati Fish-Finder dengan saksama.
Jika sudah terlihat gundukan (biasanya Rumpon atau karang menonjol), jangan berhenti tepat diatasnya.
Jika ini dilakukan artinya anda tidak memancing di spot itu tetapi jauh di belakangnya.
Hal yang perlu dilakukan adalah majukan terus kapal hingga beberapa puluh meter atau beberapa ratus meter (tergantung kuatnya arus) di depan spot tersebut.
Jika telah melewati jauh didepan spot tersebut, turunkan jangkar, jangan dulu di ulur terlalu panjang hingga kepala jangkar benar-benar menyangkut di karang.
Setelah yakin kepala jangkar nyangkut di karang, ulurlah perlahan lahan tali jangkar hingga kapal berada tepat didepan titik spot beberapa puluh meter.
Nah dalam kondisi ini dipersilahkan para pemancing untuk menurunkan umpan masing-masing, jika spot tersebut masih potensial tidak niscaya akan memanen ikan jenis tertentu seperti kakap merah, kuwe, kaci-kaci dan lain lain.

Bilamana arah arus tidak searah dengan arah ombak dan angin :
Dalam kondisi yang seperti ini sangat dibutuhkan kepiawaian ABK.
Sebenarnya dapat diandaikan bahwa arus serta ombak dan angin yang bergerak sebagai sistem yang diam, dan kapal kita yang diam dapat dianggap bergerak.
Nah tentunya untuk menepatkan posisi spot dibelakang yang agak menyerong dapat dilakukan dengan menyetel kemudi (posisi jika sedang berbelok).
Agar posisi ini menjadi tepat, tali jangkar di kaitkan di sisi kapal (lihat gambar).
Dengan demikian maka diharapkan selalu pada posisi terdekat dengan spot.
(Ingat bahwa pada kondisi ini ada dua faktor utama yang paling penting yaitu sudut kemiringan terhadap arus air serta kecepatan arus air), kecepatan arus air menentukan jauh dekatnya kapal harus diparkir di posisi segaris dengan spot termaksud.

Jika belum terbiasa menuju ke spot yang telah di “tag” sebelumnya, dapat digunakan cara tradisional yaitu dengan menandai spot tersebut dengan “PLONTANG” (Baca diulasan sebelumnya : Teknologi Sederhana Plontang).

Pembaca budiman, rupanya dinamika aliran arus arah angin dan ombak tidak serta merta dalam kondisi tetap, tetapi kerap terjadi perubahan mendadak, misalnya arus mendadak terhenti dan laut tanpa ombak bagaikan kolam renang, atau arah arus berbalik arah.
Tentunya harus tetap menjaga agar posisi spot masih dalam jangkauan, tentunya kapal harus dipindahkan ke posisi segaris arah arus ataupun searah resultante jika serong seperti yang telah dijelaskan diatas.

Sebenarnya sangat banyak spot spot di dasar laut yang menjadi sarang berbagai jenis ikan antara lain spot alamiah seperti tandes, gosong, tubiran dan lain lain serta spot biatan berupa rumpon.
Nah dengan menggunakan Fish-Finder tentunya spot yang dilalui kapal dapat di “tag” untuk kemudian di lain waktu dapat di kunjungi lagi bilamana kondisi ideal. Tetapi celakanya saat kita akan menuju ke spot yang sudah di tag beberapa waktu yang lalu kadang spot dimaksud tidak tepat, ini juga akibat pengaruh cuaca buruk sehingga transmisi satelit agak terganggu. Apalagi kondisi saat me-nge”tag”, dan kondisi saat akan mengunjugi spot tersebut berbeda.
Tentunya dapat dipecahkan masalah tersebut dengan kapal memutar dalam radius tertentu dari spot dimaksud sehingga tampak jelas di fish-finder spot sasaran kita.
Lakukan sekali lagi nge “tag” spot tadi dan mengamati bilamana kapal bergeser.
Biasanya pergeseran kapal ditandai dengan redanya serangan-serangan ikan pelagis setelah sebelumnya nyaris tiada henti.

 

Demikian sekilas bahasan mengenai cara agar kita dapat menempatkan kapal yang paling ideal sehingga diharapkan hasil pancingan pun melimpah.

Salam Gentak..!!
Fred – Pemancing Kelana

IMG-20141117-01853 IMG-20141117-01854

Discussion

One thought on “Mengapa Kapal Tidak Pernah Tepat di Spot Sasaran?

  1. juzzzz

    Posted by w | November 17, 2014, 9:25 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: