//
you're reading...
Tips n Tricks

Teknologi Sederhana “Plontang”

Saudara sekalian yang budiman,
Plontang di dunia perikanan sangat dikenal seperti halnya rumpon.
Plontang adalah alat sederhana umumnya berupa bola pelampung yang cukup besar, bola ini bisa lebih dari satu buah, dimana pada Bola utama dipasang bendera ringan yang berkibar saat ditiup angin.
Tentunya saat diturunkan ke laut bola-bola ini akan mengambang (kedua bola dihubungkan tali dengan panjang kira-kira sedepa). Bola utama dihubungkan
dengan seutas tali panjang (bervariasi antara 50m hingga 200m) dimana di ujung bawah tali di ikat beban berat yang gunanya agar dapat menancap/diam di dasar laut.
Nah, bagaimana penggunaannya dilautan?
Sejak lama alat sederhan ini dimanfaatkan para nelayan untuk tag spot secara manual, namun demikian dengan berkembangnya teknology GPS dan Fish Finder, kebanyakan Nelayan telah meninggalkan alat plontang ini.
Sebenarnya sekalipun kapal telah dilengkapi peralatan canggih berupa ffinder dan gps, plontang masih sangat membantu mempercepat proses menuju spot ikan dengan akurat.
Caranya ?
Seperti yang biasa kami lakukan saat kapal telah mendekati perkiraan spot yang dituju, kapal di turunkan kecepatannya sambil terus mengamati fishfinder dan gps. Amati terus kedua alat tersebut hingga tampak tonjolan didasar laut dilayar monitor fish finder yang cukup mencolok atau adanya karang drop-off yang tiba-tiba menurun curam (tubiran) yang tampak.
Jika menemukan kondisi tersebut, segera jatuhkan bandul pemberat plontang, bersamaan dengan itu saat kumpulan tali yang terulur hampir habis segera lemparkan kedua bola plontang tersebut. Hati-hati saat melempar bandul pemberat plontang, perhatikan tali yang sedang terulur, jangan sampai tertahan oleh benda-benda lain atau terlilit kaki karena dapat berbahaya.
Saat plontang telah terulur sempurna, maka tampak kedua bola mengambang dan membentuk satu garis arah arus air laut.
Sedangkan bendera akan menunjukkan arah angin.
Tentunya saat plontang dijatuhkan tadi, posisi kapal terus bergerak, boleh jadi saat plontang mengambang sempurna, kapal telah jauh dari posisi saat plontang di ceburkan.
Nah, disinilah fungsi yang sangat berguna bagi para nelayan.
Kapal segera di belokkan dan menuju kembali ke posisi plontang tadi tetapi terus diarahkan menjauhi (berlawanan) dengan arus laut.
Bilamana arus laut dan kibaran bendera searah artinya arus dan angin searah, maka kapal dijauhkan serah garis lurus beberapa puluh meter, untuk kemudian kapal membuang jangkar.
Saat jangkar diturunkan, maka kapal perlahan-lahan akan mundur mendekati plontang tersebut. Untuk arus yang lemah posisi plontang dan kapal diusahakan tidak terlalu jauh, tetapi jika arus angat kuat maka posisi kapal bisa beberapa puluh meter dari plontang, Lantaran senar pancing juga akan miring maka diharapkan umpan pancing yang kita ulur tepat atau sangat mendekati posisi spot ikan (rumpon).
Bagaimana jika arus dan angin tidak searah?
Disini dibutuhkan keahlian agar tepat sasaran.
Sebenarnya caranya sangat mudah, yaitu dapat mengambil garis resultante seperti yang sudah diajarkan disekolah dulu, jika garis A keatas, garis B kekanan, maka resultante nya dapat ditarik diantara kedua garis tersebut.
Untuk kecepatan angin dan arus, tentunya berpengaruh terhadap arah resultante tadi, letak posisi tepat kapal dapat langsung dipraktekkan dilapangan, posisi kapal juga tidak stabil, dapat berubah dengan berubahnya arus dan angin, tetapi karena umumnya ikan merputar-putar disekitaran spot (rumpon) maka masih memberikan harapan besar untuk menimba ikan sebanyak-banyaknya.
Demikian seulas teknologi plontang yang kerap digunakan Nelayan.
Dan jangan lupa untuk mengangkat kembali plontang tersebut untuk dipakai di spot lainnya jika pindah spot atau dipakai untuk lain waktu..
Semoga dapat menambah wawasan.
Salam Strike..!!!
Fred – Keyeng-Pemancing Kelana
PlontangHasil Sangat Bagus

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: