//
you're reading...
Panduan

Tips Mengatasi Mabuk Laut

Pembaca budiman,

   Mabuk laut adalah hal yang paling tidak dikehendaki oleh rata-rata pemancing, betapa tidak jika mabuk telah menyerang maka kenikmatan mancing menjadi lenyap seketika dan berubah menjadi penderitaan berkepanjangan.  Jangankan bergairah melihat rekan-rekan lain yang riang gembira strike terus menerus, yang ada justru perut terasa mual kepala pusing tujuh keliling bahkan  muntahpun tak tertahankan lagi. Jika kondisi sudah seperti itu jangan harap perahu akan berhenti bergoyang. Selama ombak tetap menerpa, perahu akan terus bergoyang mengikuti alunan terpaan ombak, bahkan goyangan akan semakin menjadi-jadi pada posisi kapal berhenti sauh jangkar.

   Nah dalam keadaan seperti itu tentu dapat diduga perasaan apa yang berkecamuk dibenak pemancing “mabuk” itu yaitu untuk segera menyudahi acara mancing.

   Berikut ada beberapa tips berdasarkan pengalaman penulis yaitu dari pengalaman beberapa kali melaut baik dengan menggunakan kapal yang berukuran relatif kecil maupun yang berukuran agak besar.    Kapal yang berukuran kecil akan mengalami goncangan jauh lebih kuat saat terkena terpaan ombak dibandingkan kapal yang berukuran lebih besar.

Yang harus dilakukan untuk mengatasi mabuk laut antara lain :

  • Sebaiknya atur pola makanan sehari sebelum saat keberangkatan, jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung bumbu keras dan pedas, karena akan merangsang asam lambung dan mempercepat perasaan mual.
  • Jika ada beberapa kapal yang menjadi alternatif akan digunakan melaut maka pilihlah yang terbesar diantara kapal kapal itu.
  • Duduklah di bagian yang paling sedikit mengalami goncangan yaitu pada posisi paling belakang.  Posisi terdepan atau di ujung depan adalah posisi yang paling kuat goncangannya. Untuk  jenis kapal yang bertingkat jangan duduk di lantai atas karena justru goncangan ditempat itu paling kuat.
  • Jangan sekali kali merangkai set pancing saat kapal belum stabil sebab dengan berkonsentrasi terhadap rangkaian pancing  menyebabkan cepat terserang mabuk, lebih baik pandangilah alam laut sejauh mata memandang.
  • Pada posisi kapal berhenti ditengah laut untuk memulai kegiatan mancing, maka inilah saat yang paling menentukan bagi daya tahan tubuh terhadap goncangan kapal.
  • Arahkan badan terhadap goyangan kapal, maksudnya adalah bila kapal bergoyang kekiri kekanan maka duduklah kearah sisi kapal sehingga pengaruh goyangan kapal terhadap tubuh kita seperti menaiki seekor kuda, goyang kedepan kebelakang.
  • Yang paling penting secara psikologis yaitu anggaplah bahwa kapal bergoyang lantaran “tubuh kita yang menggoyang” kapal tersebut. (ini kekuatan utama yang selalu penulis terapkan).
  • Cara lain yang cukup efektif adalah meminum obat anti mabuk satu atau dua jam sebelum keberangkatan, tetapi ini bukan satu satunya cara mengatasi mabuk laut. Mabuk akan tetap terjadi manakala keyakinan bahwa tubuhlah yang menggoyang kapal tidak terpupuk dengan sempurna.
  • Kadang ada anjuran dari nahkoda kapal untuk segera meminum air lautbeberapa teguk jika mabuk menyerang. Mungkin bagi mereka ada benarnya lantaran mereka telah terbiasa  di laut dan mengatasi mabuk dengan cara mereka.
    Sedangkan rata rata penumpa sebagian besar kehidupannya di daratan, meminum air laut malah semakin mabuk.

Demikian sekedar berbagi pengalaman semoga membawa manfaat bagi para pembaca.

Salam strike

Freddy Hariwinoto – Kleyeng 79  (REFIC)

Discussion

2 thoughts on “Tips Mengatasi Mabuk Laut

  1. ketika mabuk menyerang, antisipasi yang tepat agar bisa melanjutkan mancing bagaimana?

    Posted by fariz alwan | July 19, 2015, 12:05 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: