//
you're reading...
Tips n Tricks

Mengenal Beberapa Jenis Mata Pancing / Mata Kail

Tidak dapat disangkal, bahwa mata kail merupakan set perlengkapan mancing yang sangat vital.

Benda berbentuk huruf “U” yang salah satu ujungnya lebih pendek dari yang lain ini rata-rata terbuat dari bahan logam, beberapa terbuat dari bahan campuran aluminium atau tembaga yang mudah bengkok (pada batas kekuatan tertentu mata kail ini merenggang/bengkok) dan ada pula yg terbuat dari baja keras, bahkan beberapa mata kail sudah dipertajam lagi secara chemical perfect cutting.

Tentunya pabrikan punya maksud mengapa mata kail dibuat lunak, dan beberapa dibuat keras. Jangan salah persepsi dalam membeli mata kail, biasanya untuk pemula yang tidak mengerti akan membeli secara acak dalam beberapa ukuran dan jika diperhatikan mata kail yang digunakan di daerah pemancingan tertentu sering tidak tepat akibatnya tentu dapat diperkirakan yaitu “gagal” atau ikan lolos saat strike sudah terjadi.

“Ketidaktahuan” sering membawa kekecewaan yang dalam tanpa disadari. Sebagai contoh seorang pemancing melakukan aktifitas di pantai berkarang (rock fishing) jika paham tentunya akan menggunakan mata kail yang mudah bengkok pada kekuatan tertentu (tentunya berat ikan rata-rata yang ada di lokasi itu sudah diketahui dengan pasti yang umumnya adalah ikan kuwe dan kerapu macan dg berat maksimum 5 ~ 20 kg)

Maksud mata kail lunak ini adalah jika mata kail menyangkut di karang maka masih ada kemungkinan untuk terlepas lantaran mata kail merenggang. Sekalipun jika yang strike adalah ikan yang melebihi beban kekuatan mata kail dan kemungkinan besar akan lepas, tetapi keahlian memainkan drag dan putaran yang terus bervariasi dengan cepat sangat menentukan keberhasilannya.

Disarankan untuk Rock-Fishing jangan mengguakan senar yang terlalu kuat karena jika nyangkut di karang dan mata kail tidak juga bisa terlepas dari sangkutan maka tentunya akan merepotkan pemancing sendiri bahkan mungkin rekan mancing disamping kita.

Gunakanlah mata kail yg mempunyai lubang utk mengikat senar, jangan gunakan kail yang tdk mempunyai lubang alias gepeng karena ikatan untuk gagang ujung pancing yang gepeng tentunya harus dililitkan beberapa kali di batang kail yang selanjutnya diikat kuat.

Nah jika salah satu deretan senar yg melilit dibatang mata kail ini putus karena tergesek karang atau teritip, maka akan terlepas pula mata kail itu. Itulah maksud dibuatnya gagang mata kail dgn lubang senar krn tdk ada deretan ikatan senar disitu dan hanya diikatkan sekali putaran di lubangnya.

Sangat disarankan untuk Rock-Fishing adalah dengan cara casting (lempar-gulung) baik dengan umpan hidup atau plug (umpan buatan) karena jika mancing dasaran bisa dipastikan mata kail akan nyangkut. Sangat tidak masuk akal jika seorang pemancing nekad mancing dasaran di tempat yang landai dan berkarang apalagi menggunakan mata pancing treble.

Mata kail dari bahan yg keras (baja) atau logam lain sangat cocok digunakan di tempat yang tidak berkarang dan lebih aman gunakan mata pancing yang mempunyai lubang utk ikatan senar. Sebenarnya gagang mata kail yang pipih khusus digunakan utk mancing ikan yang tidak bergigi (atau gigi halus) alias ompong seperti kakap merah, gurisi, kuwe, kerapu, tanda-tanda, ekor kuning dll.

Tidak direkomendasikan menggunakan mata kail yang gagangnya gepeng kecuali untuk memancing di sungai, kolam pemancingan. Gunakanlah mata kail yang gagang ikatan senarnya berlubang.

Berikut beberapa jenis mata kail yg perlu diketahui :

Mata Kail dgn gagang panjang (long shanks)

Mata kail ini sengaja dibuat bergagang panjang guna mengatasi gigi tajam ikan predator seperti barracuda, dog-tooth tuna dll. Sekalipun kail ini bergagang panjang tetapi tetap disarankan gunakanlah leader line atau senar pandu yang langsung bersentuhan dengan gigi ikan beberapa cm panjangnya baik dengan kawat nikelin atau benang PE. Kail ini dirancang khusus untuk menaklukkan ikan2 yang cengkeraman giginya bisa mencapai tali pancing jika menggunakan mata pancing gagang biasa/pendek.

Sliced-Shanks

Type kail ini mempunyai dua buah duri (atau lebih) dibatang pancingnya, duri ini gunanya untuk mencengkeram lebih kuat saat ikan terkena mata pancing ini dan ikan buruan tidak mudah terlepas. Kail ini baik digunakan untuk ikan2 yang tdk bergigi dan mempunyai danging di sekitar mulut yang cukup lembek seperti kerapu, gurisi, ekor kuning dll.

Forget Hooks

Kail ini mempunyai tangkai datar dan cocok digunakan untuk  mancing ikan hiu, kakap, tuna dan ikan-ikan lain yang mempunyai kecepatan renang yang tinggi. Batang dari forged hooks ini dibuat lebih tebal untuk antisipasi berontakan ikan2 besar yang mempunyai tenaga super dan tak mau menyerah begitu saja sehingga membuat pemancing keringatan diantara banjirnya adrenalin serta pompaan degup jantung yang kencang disamping penuh harap ikan berhasil diangkat.

O’Shaugnessy Hooks

Dari namanya saja cukup sulit diucapkan padahal jenis mata kail adalah yg sangat umum dipasaran dan dapat digunakan dimana saja kapan saja baik di sungai, empang, danau atau laut, tentunya ada perkecualiannya yaitu tidak tepat digunakan untuk ikan-ikan yang mempunyai gigi setajam silet.

Suicides Hooks

Nah, apalagi ini… namanya lebih aneh lagi, biasanya kata2 “suicides” ada di lagu lagu asing. Kail ini ujung lancipnya agak melengkung kedalam seperti kuku burung elang. Tentu lengkungan ujung kail mempunyai maksud yaitu tancapan akan lebih terpegang dgn kuat dan tidak mudah terlepas walaupun frekuensi tancapan jika dibandingkan dengan mata kail biasa lebih sedikit tetapi jika kena ikan sangat mustahil akan terlepas.

Mata kail ini sdh menjadi favourite mancing maniak khususnya di laut lepas. Kebanyakan kail ini juga digunakan utk ikan2 predator tanpa gigi spt kakap, ekor kuning dll. Disamping itu mata kail ini cocok juga digunakan utk memancing di air tawar dengan umpan cacing, anak katak, udang kali dll.

Treble-Hooks

Pancing trebel yaitu mata pancing yg terdiri dari gabungan beberapa mata kail yg di solder menjadi satu. Yg sangat umum di jokul dipasaran adalah yg bermata tiga. Kail ini cocok digunakan atau dipasang pada umpan tiruan dalam trolling action dan tentunya dg sasaran ikan2 tenggiri, tuna, barracuda dll. Yang tdk umum dijual adalah pancing Garong bermata 6, 7 bahkan ada juga bermata 8.

Khusus untuk pancing garong penulis membuat sendiri untuk lebih yakin akan kualitas tancapan di mulut ikan sasaran (baronang).

Nah dari uraian di atas tentu menjadikan anda lebih bijak dalam memilih mata pancing yang sesuai untuk ikan-ikan sasaran tertentu.

Salam Strike
Fred – Si Pemancing Kelana

Discussion

3 thoughts on “Mengenal Beberapa Jenis Mata Pancing / Mata Kail

  1. Trimakash untk infonya di atas. Akan segera saya coba smua tehnik2 dri anda mas bro

    Posted by Irawan | October 11, 2013, 10:45 am
  2. Makasih atas saran’y & tlong dong kasih juga saran untuk memilih umpan, kail, joran, trolling rieel untuk ikan tenggiri

    Posted by bara | December 30, 2013, 3:43 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: