//
you're reading...
Kisah

Strike..!!! Pulau Tunda 5 – 6 April 2013

Pembaca budiman,
Menjelajah lokasi-lokasi mancing di spot-spot andalan mempunyai keasyikan tersendiri, untuk mencapai tepat di titik sasaran dibutuhkan keahlian khusus lantaran arus dan ombak bahkan angin yg selalu menggeser posisi kapal.
Jumat – sabtu lalu sy dan empat kawan lain menyatroni lokasi-spot dimaksud di seputaran pulau tunda, tergerak untuk segera menyatroni lokasi-lokasi itu lantaran di group-group mancing serta di youtube menampilkan potensi ikan yang masih luar biasa.
Tanpa ingin tertinggal dari kawan-kawan lain segera saja saya memacu mobil untuk sampai didermaga kebarangkatan.
Ternyata kawan-kawan belum ada yg datang dilokasi itu, seperti lagu lama… Lagi lagi kena macet…
Suatu kebiasaan yang tertanam sejak kecil untuk segera menepati janji terutama janji bertemu, tetapi ya sudahlah, wong kapten kapal juga mengabarkan kalau kapal sedang dalam perjalanan mendekati dermaga keberangktan, malahan kapten sms “kok cepet sekali sampainya pak?” Biasanya kalau kawan-kawan itu malam.
Memang kami rencanakan berangkat sehabis maghrib supaya banyak spot yang dapat dikunjungi yg tentunya nanti akan saya share untuk pegiat/peminat mancing kaum-forsinowan.
Singkat cerita, perjalanan segera dimulai setelah seluruh kawan berkumpul, konsumsi lengkap, bahkan umpan juga tersedia cukup, tak dapat dilukiskan betapa berbunga-bunganya perasaan saat itu, terbayang bakalan “strike” tiada henti. Wow…
Dalam hati sebenarnya bertanya-tanya, biasanya jika mancing malam ikan sangat jarang menyambar umpan.. “Ah..coba saja lihat nanti”
Ow, ternyata kapal dilengkapi genset penerangan lengkap dg lampu sorot yg sangat terang, bahkan rekan Martin juga membawa genset cadangan.
Hmm… Kali ini “kudu berhasil” menimba ikan…
Kapal mulai bergerak perlahan menuju mulut muara, kawan-kawan terlihat mulai mengantuk dan beberapa sdh mulai “ndlosor” di dek kapal.
Mata ini mana mungkin dapat terpejam jika didepan mata selalu terbayang bakalan strike bersama kapten andalan yg sangat terkenal di dunia perpancingan.
Lantaran dua jam telah berlalu dan belum juga mencapai spot sedangkan semua rangkaian pancing telah siap maka akhirnya saya merebahkan diri juga, sekalipun mata tetap saja bulat. Beruntung tidak selang beberapa lama kecepatan kapal dikurangi, mendadak sontak sekonyong-konyong semua kawan terbangun… (Wah pasti mereka tdk dapat tidur karena membayangkan strike-strike yang bakal terjadi).
BetuL saja, spot pertama telah dicapai, maka saat itu pula saya melakukan “tag spot” yg pertama, kawan-kawan dengan arsenal masing-masing telah siap menurunkan umpannya.
Begitu kapten kapal memberi komando, tak ayal bagai berebutan, kawan-kawan mengulur umpan masing-masing…
Tidak selang beberapa lama langsung ada sambutan ikan, “kaci-kaci…!! Pekik seorang kawan, yang lain juga stike..!!! Kerapu lodi, kaci-kaci juga, ekor kuning dll…
Sayapun demikian, strike-strike ukuran sedang, lantaran belum terlihat ikan super atau kakap merah, maka kapal dipindahkan ke spot-spot yang lain.
Dari satu spot ke spot lain mulai dijajaki dengan hasil yang tidak mengecewakan.
Hingga tiba disuatu spot, disitulah saya menjadi bahan ejekan dan tertawaan kawan-kawan lain, karena perolehan tidak sesering mereka.
Tibalah saya beraksi dengan memasang umpan sempurna dari cumi pilihan, saya mulai mencelupkan dan mengulur umpan hingga pemberat ukuran J8 menancap sempurna di dasar laut.
Cukup lama tiada sambutan,sementara kawan terus strike…
Saat, sambutan ke mereka mereda, tibalah giliran saya.. “Seettt…. Strike” saya terpekik pelan… Joran jig versi cobra dengan kolongan “fuji” menahan dengan cantiknya nampak dari lengkungan akibat tarikan ikan yang tidak dapat dikatakan ringan, sepertinya ini ikan terbesar yang bakalan menggelepar di dek kapal..
Terus saja saya memompa joran untuk menyambut malam yang bersejarah itu, ikan nampak dari permukaan, dan kawan-kawan menghentikan aktifitas mereka untuk melihat perolehan ikan yang naik dan ternyata ..KAKAP MERAH..!!! Serentak mereka bersorak kegirangan, tanpa mereka sadari bahwa perolehan itu adalah yang terbesar..!!!
Hmmm … KO mereka yang dari spot pertama menertawakan cara dan ketekunan yang saya lakukan.
Tanpa menunggu komando lagi dengan naiknya kakap merah jumbo, merekapun melanjutkan kegiatan mancingnya dan strike terus-terusan dgn berbagai jenis ikan, sementara saya lagi-“agi Strike, tetapi mendapat ikan “jack-pot” ikan tongkoL… Wah….. Mereka mulai terdiam dan tidak berani lagi berkomentar dengan gaya mancing yang saya lakukan.
Menjelang fajar pagi saat langit mulai menunjukkan warna cerahnya, kapal dipindahkan ke spot lain yang ternyata lebih dalam (70m).
Nah kesempatan ini tidak di sia-siakan yaitu dengan memakai “electric reel” tentunya untuk menghindari tangan pegal karena terus-terusan menggulung reel walau sekedar untuk mengganti umpan.
Electric reel beraksi, saat strike sedang berlangsung saya masih sempat juga menyeruput kopi pagi… Bahkan saya berbalik mengejek mereka yang begitu repotnya strike dengan menggulung sejauh 70 meter.
Bahkan sempat saya menasihati mereka “kalau mancing harus membawa peralatan alternatif seperti electric reel ini, gunanya selain mengatasi rasa capai, juga dapat digunakan sebagai “down-rigger” untuk menghindari arus laut yang kadang sangat deras mengalir.
Singkat cerita.. Strike terus saja terjadi sesuai yang diharapkan bersama kawan-kawan, pengorbanan mereka sangat saya hargai, ada yang jauh-jauh dari sukabumi, depok, dan juga dua orang dari jakarta utara yang salah satunya memiliki toko pancing, tentunya di kapal diskusi mengenai peralatan pancing terus terjadi.
Nah kawan-kawan, hasil perolehan ikan dapat dilihat di foto-foto berikut.
Untuk rencana mancing berikutnya silahkan jika ada yang berminat, kita adakan tentatif tgl 12 atau 13 atau 14 atau tanggal tanggal dibulan bulan berikutnya silahkan tergantung peserta, boleh juga sekedar menjadi peserta tanpa memancing sembari menikmati ikan goreng, secangkir teh/kopi… Betapa nikmatnya perasaan dengan suasana itu.
Demikian sekedar kisah perjalanan mancing yang membawa hasil melimpah… Tentunya harus disertai optimisme yang tinggi dan pantang menyerah dan jangan merasa down oleh ejekan rekan-rekan sesama pemancing. Semua bakal tiba waktunya.
Salam Strike..!!!
Fred-Pemancing Kelana

Saksikan di youtube : https://www.youtube.com/watch?v=vV4xXv6Daww
Hayooo kawan, jangan berdiam didarat terus… Laut kita penuh sensasi tak terlupakan.Tunda 5Tunda 6Tunda 1Tunda 2Tunda 3Tunda 4

 

 

Discussion

8 thoughts on “Strike..!!! Pulau Tunda 5 – 6 April 2013

  1. mantafff pak…mungkin akhir bulan april kita mau coba juga nih..

    Posted by danang dewanto | April 23, 2013, 10:53 am
    • Siap Mas Danang,
      Untuk lbh intensif, komunikasinya boleh ke whatsapp 089652162528 atau pin bb 28C19700
      Salam Strike

      Posted by freddyhw | April 24, 2013, 2:06 pm
      • Mas,,,bro..info Kapal dan nahkodanya…dong mau coba di tempat Mas Danang dan rekan -rekan mancing…Salam Anthony “Jakarta-Timur” 0818182310

        Posted by anthony | September 12, 2013, 9:46 am
      • Bro, kapal 13x3m ini sdh cukup bsr utk mancing, ditopang median dalam kekuatan 28-30PK Serta dilengkapi fish finder Garmin Echo seri 550C dan GPS siap menemani “fun strike Fishing” anda.
        Kapten somad dan para ABK tentunya siap melayani segala keperluan selama mancing.
        Salam Strike…!

        Posted by freddyhw | September 12, 2013, 11:28 pm
  2. Maaf pak biaya sewa brp? naik dari mana? bisa minta no hp kapten?

    Posted by Murtada | June 4, 2014, 11:44 pm
  3. Maaf pak biaya sewa brp? naik dari mana? bisa minta no hp kapten? Murtada Condet Jaktim

    Posted by Murtada | June 4, 2014, 11:47 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: